Home » , , » Tragedi Maut Musim Haji Ternyata Bukan Yang Pertama Kali

Tragedi Maut Musim Haji Ternyata Bukan Yang Pertama Kali

Written By Chindy Lee on Sunday, September 13, 2015 | 4:32 AM

http://sakuratoto.com/home/register/94642614339

JAKARTA,  – Kecelakaan maut selama musim haji bukan yang pertama kali terjadi di Mekkah. Sejarah mencatat, sejak tahun 1980-an beberapa kejadian fatal telah menewaskan ribuan orang.

Pemerintah Arab Saudi mengatakan telah mengupayakan berbagai hal untuk meminimalisir tragedi yang merenggut nyawa. Salah satunya dengan mengutamakan jamaah yang akan berhaji pertama kali untuk mendapatkan visa masuk Arab Saudi. Sistem ini sempat dikritik namun terbukti efektif karena, “tidak gampang mengorganisir jutaan orang dalam satu waktu yang bersamaan,” ujar Prince Nayef Abdul Aziz, seperti dikutip BBC beberapa waktu lalu.

Berikut beberapa kecelakaan maut yang pernah terjadi di Mekkah selama musim haji:

31 Juli 1987
Bentrok terjadi antara pendemo Iran dengan polisi Saudi. Saat itu jamaah dari Iran yang beragama Syiah memang bersitegang dengan jamaah Wahabi asal Arab saudi. Akibat kejadian itu, 400 jemaah meninggal. dan ribuan lainnya terluka.

2 Juli 1990
Sebanyak 1.426 jamaah tewas selama karena berdesak-desakan dan terinjak dalam terowongan Al Maaisim. Terowongan itu menghubungkan Mekah ke Mina dan Arafat. Peristiwa ini dikenal dengan tragedi terowongan Mina.

23 Mei 1994
Sebanyak 270 jamaah meninggal dalam ritual lempar jumrah di Mina.

15 April 1997
Sebanyak 343 jemaah tewas dan 1.500 lainnya terluka akibat kebakaran tenda jemaah di Mina. Akibat kejadian itu, tenda-tenda jemaah sekarang tahan api.

9 April 1998
Sebanyak 118 jamaah meninggal dan 180 lainnya terluka dalam insiden di jembatan Jamarat untuk melempar jumrah.

5 Maret 2001
Ritual lempar jumrah kembali menelan korban 35 jamaah haji.

1 Februari 2004
Ritual lempar jumrah kembali menelan korban. Sebanyak 251 jamaah tewas dan 244 lainnya terluka akibat terkena lemparan batu jamaah lain dan terinjak-injak. Hal ini terjadi akibat saling dorong antar jamaah.

12 Januari 2006
Sebanyak 346 jamaah dan 289 lainnya terluka saat melakukan ritual lempar jumrah. Musibah terjadi ketika ratusan orang yang baru tiba untuk melakukan ritual itu saling bertabrakan dengan jamaah lain di jembatan Jamarat. Akibat kejadian ini, pemerintah Arab Saudi merekontruksi ulang Jamarat agar jamaah tak perlu berdesakan saat melempar jumrah.

Masih di tahun yang sama, sehari sebelum tahap prosesi ibadah haji berlangsung. Bangunan dekat Masjidil Haram yang biasa dijadikan hotel bagi para jamaah rubuh dan memakan korban kurang lebih 73 orang.

11 September 2015
Sebuah alat derek besar (crane) jatuh di komplek Masjidil Haram. Tragedi ini menelan korban 107 orang tewas dan 238 orang lainnya luka-luka. Pemerintah Arab Saudi menyatakan bahwa peristiwa crane tumbang setelah diterpa angin badai.


www.sakuratoto.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Sylvia Goh | Toto Solid Prediksi | Syair Sakuratoto
Copyright © 2011. Berita Hangat Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Sylvia Goh Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger